Penyebab kelebihan pencapaian kinerja UPPS/PS karena
1. Kebijakan telah tersedia mulai dari Tingkat Universitas dan Fakultas.
2. Penjaminan mutu telah dilaksanakan sesuai dengan siklus PPEPP.
3. Hasil temuan sudah dibicarakan pada RTM dan RTL, dipresentasikan dan disetujui oleh Fakultas.
4. Program studi Magister Pendidikan Dasar memiliki dosen yang aktif dalam berbagai kegiatan di Tingkat universitas, baik nasional maupun internasional, sehingga program studi selalu update dengan perkembangan informasi.
5. Semua dosen yang mengajar telah memiliki Pendidikan S3
6. Semua dosen telah melampau syarat capaian kinerja untuk penelitian dan publikasi.
Penyebab kelemahan pencapaian kinerja UPPS/PS karena yaitu
1. Staf administrasi hanya tersedia pada level jurusan, sedangkan pekerjaan administrasi juga ada di Tingkat program studi, namun pada program magister tersedia 2 orang tendik yang bertugas di prodi-prodi pasca.
2. Penjaminan mutu sudah dilakukan secara berkala, namun perlu dibuat penjadwalan yang lebih baik agar menyesuaikan dengan masa perkuliahan mahasiswa, penyebabnya para auditor memiliki sertifikat yang tugas mengajarnya sangat padat sehingga waktu audit jadi dijadwal ulang.
3. Peralihan sistem kenaikan pangkat dari offline menjadi online dan kebijakan bar uke guru besar menjadi penyebab terlambatnya dosen ke jabatan guru besar walaupun dari segi syarat publikasi telah sangat memenuhi.
4. Belum semua dosen berkegiatan di luar negeri karena networking masih perlu ditingkatkan.
Strategi untuk mengatasi kelemahan PS yaitu:
1. Meningkatkan kualitas system akademik seperti penggunaan satu.unri.ac.id
2. Meningkatkan kompetensi tendik dalam mendukung kinerja
3. Menyusun instrument monitoring untuk tri darma di level prodi.
4. Memberikan sosialisasi kepada dosen-dosen terkait peraturan dan proses PAK terintegrasi Sister.
5. Mendukung dosen-dosen untuk berkegiatan di luar negeri diawali dengan menindaklanjuti MoU yang telah ada.